5 Tips untuk si Boros yang Ingin Hemat dan Belajar Menabung

Merasa boros? Yuk coba tipsnya...

5 Tips untuk si Boros yang Ingin Hemat dan Belajar MenabungKesalahan Finansial

Gaya hidup diperkotaan yang serba mewah terkadang menuntut kamu untuk mengikuti pola hidup yang boros. Kamu sering kali menghabiskan uang gajihan yang kamu tunggu-tunggu satu bulan demi membeli barang-barang yang tidak perlu. Atau kamu sering kali pergi ke kafe-kafe yang menyajikan makanan dan minuman mahal hanya untuk sekadar melamun atau eksis dimedia sosial.

Akhirnya, belum akhir bulan saja kamu sudah merasa lemas karena uangmu menipis. Jangankan menyisihkan untuk menabung, kamu pun malah kebingungan untuk melewati sisa hari yang masih lama menuju gajihan. kamu mungkin akan mengklaim bahwa kamu tidak memiliki bakat untuk menabung.

Sayangnya, kamu perlu tahu bahwa menabung bukanlah sebuah bakat. Sehingga siapapun bisa melakukan hal tersebut termasuk oleh si boros seperti kamu. Berikut 5 cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk belajar hemat dan mulai menabung. Yuk disimak baik-baik.

1. Membuat Tempat Penyimpanan Uang yang Unik.

5 Tips untuk si Boros yang Ingin Hemat dan Belajar MenabungPertimbangan Sebelum Buka Rekening

Buatlah sebuah tempat penyimpanan unik yang kamu buat sendiri. Kamu bisa membuatnya dari kaleng bekas biskuit ataupun botol bekas aqua. Lalu, kamu bisa menghias benda tersebut agar menarik. Selanjutnya, kamu tinggal menaruh benda tersebut ditempat yang sering terlihat. Atau, kamu bisa membeli celengan-celengan unik di toko aksesori.

Tidak ada salahnya mengeluarkan sedikit modal untuk usaha kamu agar bisa menyimbang uang, kan? Meskipun uang yang kamu masukkan ke celengan tidak bisa banyak-banyak tapi memiliki celengan sangat membantu kamu untuk menyisihkan dan menyimpan uang loh. Sehari kamu memasukkan uang 5000 saja jika kamu konsisten selama 1 bulan maka diakhir bulan kamu mempunyai uang 150.000. Lumayan bukan?

2. Membawa Bekal dari Rumah.

5 Tips untuk si Boros yang Ingin Hemat dan Belajar MenabungMakanan Sehat

Tidak ada salahnya membawa bekal dari rumah. Untuk kamu yang masih tinggal bersama orangtua atau sudah berkeluarga, sangat baik rasanya untuk membawa bekal dari rumah. Tapi bagi kamu yang kost pun membawa bekal dari rumah sangat disarankan. Dengan cara ini kamu akan terhindar dari jajan di kantor, tentunya kamu dapat menghemat pengeluaran kamu, bukan?

3. Mencatat Pengeluaran.

5 Tips untuk si Boros yang Ingin Hemat dan Belajar MenabungMencatat Pelajaran

Mencatat pengeluaran perbulan sangatlah penting dilakukan. Hal ini akan membantu kamu dalam mengendalikan keuangan kamu sendiri. Kamu dapat melihat mana saja yang membuat pengeluaran kamu membengkak, sehingga kamu bisa mencari solusi untuk menekan biaya tersebut.

4. Membuat Rekening yang ATM-nya Jarang.

5 Tips untuk si Boros yang Ingin Hemat dan Belajar Menabungmetrotvnews.com

Buatlah diri kamu untuk malas ke ATM. Jadi, pilihlah membuka rekening di bank yang sulit ditemukan ATMnya. Disadari atau tidak, hal ini ternyata sangat membantu kamu dalam melakukan penghematan. Jika ATM jauh maka kamu cenderung malas untuk mengambil uang. Sehingga, uang kamu akan tersimpan aman di bank.

5. Membuat Tabungan Khusus Menabung.

5 Tips untuk si Boros yang Ingin Hemat dan Belajar Menabungberitasatu.com

Jika kamu sudah terbiasa untuk menghemat, maka sudah saatnya kamu memiliki rekening yang khusus untuk menabung. Pastikan kamu memiliki dua rekening. Satu untuk operasional kamu, lalu yang kedua khusus untuk tabungan. Artinya, kamu tidak boleh menggunakan uang yang sudah kamu simpan di rekening tersebut ya. Carilah bank dengan biaya administrasi bulanan yang murah atau bahkan gratis.

Menghemat bukan berarti kamu mempersulit diri sendiri. Menghemat adalah bagaimana kamu dapat membedakan barang atau hal yang menjadi keinginan atau kebutuhan kamu. Kamu bisa lebih bijak dalam menggunakan uangmu, sehingga sisa uang hasil  menghemat dapat kamu sisihkan untuk menabung.  

Via Mardiana

Writer Blogger Traveller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI