7 Kesalahan dalam Mengelola Keuangan Ini Bisa Membuat Akhir Bulanmu Suram

Ya gak?

7 Kesalahan dalam Mengelola Keuangan Ini Bisa Membuat Akhir Bulanmu Suram www.benzinga.com

Line IDN Times

Masih muda dan punya penghasilan, tentu merupakan kenikmatan sendiri. Namun jangan salah, bisa saja hal ini jadi bumerang ketika kamu tak pandai mengatur keuanganmu. Minimnya pengetahuan dan masih suka bersenang-senang menjadi faktor banyaknya anak muda terjebak dalam krisis dompet. Bahkan kamu sendiri, masih saja melakukan kesalahan simpel berikut ini.

1. Tidak paham prioritas keuangan.

Dalam mengelola uang, kamu sebelumnya sudah harus tahu dulu prioritasmu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengalokasikan penghasilanmu untuk menabung, makan dan lain sebagainya.

2. Tidak membuat rancangan anggaran.

Banyak anak usia 20-an masih mengalami problem akhir bulan yaitu menipisnya kondisi keuangan. Meski terlihat lucu, problem ini tidak bisa dianggap sepele lho. Itu tandanya kalau ada yang gak beres dengan manajemen keuanganmu. Maka dari itu, setiap kali gajian jangan kalau berfoya-foya dulu. Sisihkan uangmu terlebih dahulu, buatlah anggaran untuk satu bulan ke depan.

3. Melakukan pengeluaran yang di luar kemampuan.

Seringkali tren membuatmu lupa akan kapasitas dompetmu. Padahal, harusnya gaya hidupmu itu yang menyesuaikan keuanganmu, bukan sebaliknya. Tidak mau kan tabungan habis hanya karena mengikuti hasrat hedonismu? Mulai sekarang, pastikan penghasilanmu tidak terkuras untuk hal-hal yang kurang penting. Lagipula, hidup sederhana gak ada salahnya kok.

4. Menunda-nunda untuk menabung.

Umur 20-an tapi tak ada minimal tiga juta rupiah di tabunganmu? Harusnya kamu malu kalau kondisimu seperti ini. Memang rasanya menyenangkan kalau kamu bisa memanfaatkan seluruh penghasilanmu. Namun sudah waktunya kamu juga memikirkan masa depanmu. Tidak peduli kamu single atau sudah punya gandengan, semakin cepat menabung, semakin cepat pula uangmu bertambah.

Baca Juga: Taati Panduan Diet Keuangan Ini, Dijamin Bisa Lebih Kaya dalam 4 Minggu!

5. Tidak memisahkan rekening tabunganmu.

Oke kamu sudah memiliki niat menabung, namun salahnya, kamu tidak memisahkan mana yang akun untuk tabunganmu dan mana yang bukan. Sepele sih, tapi dampaknya bakal sangat terasa. Tanpa diketahui, diam-diam saldo tabunganmu akan habis. Selain itu pula, ada kecenderungan kamu melihat masih banyak uang di akun bank-mu, dan kamu akan membelanjakannya.

6. Tidak berinvestasi.

Jangan bilang berinvestasi itu cuma dilakukan oleh orang yang sudah tua. Sedari muda, kamu pun sudah bisa melakukan investasi. Entah itu bentuknya deposito, saham, reksa dana, retirement link ataupun tanah dan emas. Nilai aset yang terus bertambah saat investasi itu salah satu langkah efektif untuk mengamankan kekayaanmu di masa depan. Namun pastikan kamu memahami seluk beluk investasi sebelum menjalaninya ya. Jangan sampai kamu terjebak ke dalam investasi bodong.

7. Terbuai dengan kartu kredit.

Zaman sekarang siapa sih gak punya kartu kredit? Promo dan diskonnya yang menggiurkan dan kemudahan transaksi yang ditawarkannya memang berhasil membuat banyak orang tergiur untuk memilikinya. Namun jangan salah, kartu kecil ini pembawa bencana lho. Kalau tidak hati-hati menggunakannya, bisa jadi kamu terlilit hutang yang cukup banyak.

Ternyata mengatur keuangan sendiri itu memang susah-susah gampang ya. Tapi kalau kamu sudah mengerti caranya, pasti lancar dan masa depanmu aman kok. Jangan ragu juga untuk konsultasi ke orang yang lebih berpengalaman, kamu juga bisa dapat banyak tips lho dari mereka.

Baca Juga: 9 Cara Mengelola Keuangan Pasca Pernikahan yang Sering Dilupakan Pasangan Muda

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI