Terkadang kita terlanjur berpikiran negatif dengan yang namanya investasi. Tidak punya keberanian, serta rasa khawatir yang berlebihan membuat kalian tidak berani maju membuat perbedaan untuk hidup yang lebih baik. Padahal investasi tidak melulu soal simpanan dana yang besar.

Bisa kok secara pelan-pelan belajar investasi dengan nilai yang kecil lebih dulu. Meski keuntungannya juga tidak akan besar tapi jika kalian bisa sekaligus membantu orang-orang yang membutuhkan, kenapa tidak? Dana investasi bisa langsung disalurkan sesuai dengan keinginan siapa yang ingin kalian bantu.

Saat ini sudah banyak platform berbasis financial technology (fintech) yang dapat membantu kalian berinvestasi secara transparan sekaligus membantu orang lain. Saluran dana kalian dapat dipantau hanya melalui smartphone loh. Yuk simak apa saja lima startup fintech tersebut.

1. Belajar berinvestasi sambil bantu petani mewujudkan swasembada pangan lewat CROWDE

Lewat 5 Fintech ini, Kamu Bisa Belajar Investasi Sekaligus Membantu Orangdailysocial.com

Dia adalah CROWDE. Startup fintech yang satu ini khusus menyalurkan dana investasi kepada para petani yang membutuhkan permodalan. Begitu banyak lintah darat di pedesaan membuat banyak petani masih hidup dalam garis kemiskinan. Padahal sektor pertanian di Indonesia berpotensi untuk maju karena sumber daya alamnya yang berlimpah.

Lantas bagaimana para petani bisa berkembang kalau mereka tetap miskin? Nah, melalui CROWDE kalian bisa ikut membantu para petani memajukan sektor pertanian Indonesia hanya dengan menginvestasikan dana mulai 10.000 rupiah. Bukankah kalau bersama-sama kita pasti bisa, guys?

2. Lewat Akseleran, dukung UMKM Indonesia untuk terus berkembang di tanah airnya sendiri

Lewat 5 Fintech ini, Kamu Bisa Belajar Investasi Sekaligus Membantu Orangwebhouzz.com

Siapa yang tidak bangga jika produk UMKM kita dikenal hingga mancanegara? Dia adalah Akseleran. Platform berbasis fintech yang fokus menyalurkan dana investasi untuk UMKM Indonesia agar dapat lebih berkembang.

Bantu apresiasi anak bangsa dengan menghargai produktifitasnya mengembangkan UMKM hanya dengan melakukan investasi mulai dari 100.000 rupiah. Kalian dapat langsung memilih proyek UMKM mana yang ingin didanai dan pantau secara transparan melalui aplikasi Akseleran selayaknya memantau Instagram pacar sendiri guys.

3. Dengan DANAdidik,kamu bisa membantu mereka yang ingin kuliah namun kekurangan dana

Lewat 5 Fintech ini, Kamu Bisa Belajar Investasi Sekaligus Membantu Orangmedium.com

Startup fintech yang tidak kalah mulianya dia adalah DANAdidik. Kalian bisa membantu para pelajar yang membutuhkan dana pendidikan dengan model investasi mulai dari 500.000 hingga 1 juta rupiah. Dana investasi kalian akan dikembalikan secara bertahap beserta bunganya.

Pastinya investasi kalian kali ini akan sangat berguna bagi masa depan seseorang loh. Yang berarti kalian secara tidak langsung juga membantu meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. So, sekarang menolong orang sekaligus berinvestasi benar-benar bisa kan?

4. Yuk, bantu tingkatkan kesejahteraan nelayan lewat Growpal

Lewat 5 Fintech ini, Kamu Bisa Belajar Investasi Sekaligus Membantu Oranggrowpal.co.id

Platform investasi berbasis fintech yang satu ini bernama Growpal. Growpal hadir membantu menghubungkan investor dengan para nelayan dan penambak khusus ikan laut yang membutuhkan permodalan. Jangan khawatir, setiap proyek yang telah berhasil didanai, bisa kalian pantau setiap saat melalui aplikasi Growpal.

Skema keuntungannya juga sudah bisa kalian ketahui sejak awal. Kenapa gak bantu meningkatkan kecerdasan masyarakat Indonesia dengan memaksimalkan hasil perikanannya?  

5. Galang dana, donasi, dan zakat bisa kalian salurkan melalui Kitabisa.com

Lewat 5 Fintech ini, Kamu Bisa Belajar Investasi Sekaligus Membantu OrangDoc. Pribadi

Bagi kalian yang sangat tertarik dengan kegiatan sosial, platform fintech Kitabisa.com cocok banget menjadi pilihan. Beragam kegiatan sosial seperti menolong anak yang membutuhkan biaya pengobatan, membangun masjid, hingga membangun sekolah bisa menjadi pilihan investasi yang mendatangkan pahala guys. Kalian juga bisa menyalurkan zakat dari gaji yang kalian terima setiap bulannya. Dana tersebut pasti langsung sampai ke orang-orang yang sangat membutuhkan. Itung-itung membersihkan rejeki yang didapat kan. 

Kelima fintech di atas sudah memiliki aplikasi yang bisa langsung kalian unduh di Google PlayStore atau App Store. Aplikasi tersebut nantinya akan memudahkan kalian mencari proyek yang akan didanai dan juga memantau jalannya proyek tersebut. Apakah sistem yang transparan dan kemudahan yang ditawarkan sudah cukup membuat kalian tergugah? 

Gina

A freelancer of content writer to create creative content. Hello for All!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.