Jakarta, IDN Times – Setelah resmi mendapat izin dari Bank Indonesia, selaku badan yang menjadi regulator di sektor pembayaran, TCASH siap memperkaya pengalaman digital pelanggan dengan pengaplikasian SNAP QR Code di merchant-merchant hingga ke pelosok negeri. Dengan fitur SNAP QR Code yang semakin mempermudah transaksi digital ini, TCASH optimis dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.

1. Aplikasi TCASH sudah diunduh jutaan kali oleh pengguna ponsel pintar

Belanja di Pasar Modern Bintaro Makin Mudah Berkat QR CodeTelkomsel TCASH

Optimisme ini berdasarkan kesuksesan TCASH sebelumnya, melalui pengaplikasian fitur sticker near-field communication (NFC) Tap dan USSD, di lebih dari 50.000 merchant dan menjangkau lebih dari 15 juta pelanggan. Aplikasi TCASH pun telah diunduh hampir tiga juta kali di platform Android maupun iOS.

CEO TCASH Danu Wicaksana menyadari QR Code akan menjadi solusi utama pembayaran digital, karena kepraktisan dan kemudahan pengaplikasiannya bagi merchant. Pihaknya merasa senang dapat menjadi salah satu penyedia produk elektronik terdepan yang telah mendapatkan izin resmi pengembangan dan penggunaan fitur QR Code dari pemerintah.

"Hal ini tentu membantu kami merealisasikan komitmen untuk membangun ekosistem keuangan digital guna mendukung pelaksanaan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) di Indonesia,” kata Danu.

Baca juga: 7 Pasar Tradisional Terbaik di Dunia, Indonesia Termasuk Juga Lho

2. Mengandalkan pengoperasian yang aman, mudah dan melindungi konsumen

Belanja di Pasar Modern Bintaro Makin Mudah Berkat QR CodeTelkomsel TCASH

Lebih lanjut lagi, kehadiran fitur SNAP QR Code TCASH ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan bisnis merchant-merchant lokal di Indonesia, karena telah didukung sistem pengoperasian yang aman, mudah, dan juga melindungi konsumen. “Hingga akhir kuartal pertama tahun 2018, kami targetkan lebih dari sepuluh ribumerchant TCASH sudah mengaplikasikan QR Code ini,” ujar Danu.

Salah satu wujud pengaplikasian fitur SNAP QR Code ini dapat terlihat di Pasar Modern Bintaro, yang telah dibina oleh TCASH. Diawali dengan pendampingan dan sesi edukasi transaksi non-tunai menggunakan sticker NFC, kini, sekitar 60 pedagang kecil telah dibina dan mengadopsi TCASH sebagai metode pembayaran non-tunai, melalui teknologi QR Code.

3. Digitalisasi Pasar Modern Bintaro

Belanja di Pasar Modern Bintaro Makin Mudah Berkat QR CodeTelkomsel TCASH

Tri Murhayanto, Pimpinan Unit BTC Pasar Modern mengatakan kerjasama antara manajemen pasar dengan TCASH merupakan bentuk usaha untuk mendigitalisasi pedagang di Pasar Modern Bintaro.

"Kami melihat beragam keuntungan yang didapatkan oleh pedagang, seperti transaksi yang lebih cepat tanpa khawatir mempersiapkan uang kembalian, serta melindungi pedagang dari tindakan kejahatan transaksi dengan uang palsu. Kombinasi antara hadirnya QR Code bagi pedagang, serta dukungan sumber daya TCASH, tentunya dapat membantu pedagang menarik lebih banyak pembeli untuk mengembangkan usahanya,” ungkap Tri Murhayanto.

Implementasi ini akan didukung dengan tiga strategi utama, yaitu edukasi, implementasi, dan pendampingan. "Kami optimis fitur SNAP QR Code ini akan mendapatkan tanggapan positif, baik dari para pedagang, maupun pelanggan TCASH yang berbelanja di pasar tersebut,” tutup Danu.

Baca juga: Gemesin, Begini Reaksi Orang Korea Cobain 13 Jajanan Pasar Indonesia

Siaran pers