Belajar 5 Kunci Bisnis dari Merrie Elizabeth, Pemilik & Pendiri Salon Blobar

#ParaPerempuanHebat Sukses bisnis tidak pernah memandang gender.

Belajar 5 Kunci Bisnis dari Merrie Elizabeth, Pemilik & Pendiri Salon Blobarhallobisnis.com

Apakah kalian memiliki mimpi untuk memulai bisnis sendiri ?

Punya rencana untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang ?

Jika iya, artinya kalian harus belajar cara memulai bisnis dari Merrie Elizabeth, seorang pemilik sekaligus pendiri Salon Blobar. Salon Blobar sendiri merupakan salon yang memfokuskan pelayanan dalam hal pewarnaan rambut dan lebih menyasar target pasar para anak muda.

Lewat bisnisnya pula, Merrie Elizabeth mampu masuk sebagai salah satu anak muda Indonesia yang di daulat Forbes sebagai “Forbes 30 Under 30”. Sebuah penghargaan dari Forbes terhadap para anak muda yang mampu sukses pada usia dibawah 30 tahun.

Ingin seperti Merrie Elizabeth ?

Simak 5 kunci sukses berbisnis dari pendiri salon Blobar berikut ini.

1. Cara Menemukan Peluang Bisnis

womenonbusiness.com

Kunci sukses berbisnis yang pertama adalah kalian harus paham apa peluang bisnis yang menguntungkan untuk dijalani. Merrie Elizabeth melihat banyaknya perempuan di Indonesia sebagai peluang yang menguntungkan. Ditambah lagi kebutuhan mereka untuk melakukan perawatan, sehingga dia memutuskan untuk mendirikan sebuah salon sebagai usahanya.

Perhatikan juga tren yang sedang berkembang dan berfokuslah pada suatu bidang khusus terlebih dahulu. Nama Blobar merupakan nama yang diusung Merrie sebagai tempat usaha setelah terlebih dahulu memperhatikan tren.

Dimana di Amerika ada tren yang menggunakan nama ”bar” sebagai salon dan ia pun menggunakan teknik ini dan selanjutnya menambahkan kata “blo” yang diambil dari kata blow yang sangat identik dengan salon.

Selanjutnya jadilah spesialisasi terhadap usaha yang dijalankan. Merrie membuka salon Blobar dengan mengambil spesialisasi pewarnaan rambut dengan teknik ombre. Dimana teknik tersebut belum banyak digunakan salon lain dan kalaupun ada harganya sangat mahal sekali. Inilah yang menjadi pembeda Blobar dengan salon jenis lain.

2. Jangan Bergerak Sendirian, Carilah Partner Bisnis

traceaccounting.com.au

Memiliki partner akan lebih memudahkan kalian untuk memulai bisnis. Hal ini dikarenakan akan semakin banyak bantuan yang bisa kalian dapatkan dibandingkan dengan merintis usaha seorang diri.

Merrie menyarankan disaat kalian mencari rekan untuk berbisnis, carilah orang yang bisa kalian ajak kerja dan asik.

Hal ini penting dilakukan karena akan menentukan keberlangsungan usaha kalian dimasa depan, jadi berhati-hatilah dalam memilih.

Salon Blobar pun mampu berdiri berkat kerja sama antara Merrie dan temannya Ninda Ramandiani. Dimana keduanya  membagi tugas, Merrie mengurus personalia dan keuangan dan rekannya kebagian tugas untuk pemasaran dan operasional.

3. Miliki layanan dan Produk yang Berkualitas

stefanini.com

Tips berbisnis yang bisa kalian terapkan selanjutnya adalah milikilah produk dan layanan yang memuaskan keinginan pelanggan.

Mengapa hal ini perlu ?

Hal ini dikarenakan ada 2 penyebab yang mengakibatkan suatu bisnis tidak laku. Penyebab yang pertama banyak masyarakat yang belum mengenal produk dan layanannya atau produk yang ditawarkan tidak memuaskan para konsumen yang datang.

Jadi, jika kalian ingin berbisnis, mulailah dengan terlebih dahulu melakukan perbaikan layanan dan produk. Barulah setelah itu lakukan pemasarana agar semakin banyak orang yang mengetahui layanan kalian.

4. Manfaatkan Media Sosial Dengan Sebaik-baiknya

huffingtonpost.com

Era digital menawarkan banyak kemudahan dalam melakukan apapun yang kita inginkan, salah satunya berpromosi. Manfaatkanlah kemudahan ini dengan mulai berpromosi lewat media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Merrie Sendiri memanfaat Instagram untuk memfoto hasil perawatan yang ia berikan kepada pelanggan. Selain menjadi cara untuk promosi, hal ini bisa dijadikan portofolio agar bisnis yang dimiliki semakin dipercaya oleh banyak orang.

5. Jalin Kedekatan Dengan Konsumen

forbes.com

Cara terakhir dalam menjalankan bisnis adalah mulailah untuk mendekatkan diri kalian dengan para konsumen yang ada.

Merrie sendiri melakukan cara dengan mulai menjawab berbagai pertanyaan dari pelanggan lewat Line Blobar. Cara seperti ini juga ampuh sebagai cara riset untuk mengetahui apa yang menjadi keluhan para pelanggan dan apa yang sedang diinginkan oleh mereka.

Hal kecil tapi memiliki dampak yang besar bagi keberlangsungan usaha.

Raihlah Impian Sukses yang Diinginkan

Kelima tips berbisnis diatas merupakan berbagai cara yang dijadikan Merrie Elizabeth sebagai pedoman berbisnis. Jika kalian ingin mendapatkan sukses seperti dia, jadikan masukan diatas sebagai pedoman positif saat akan memulai usaha.

Selamat Berwirausaha dan Sukses !

Wahyu Putra Utama

Passionate in business and investment | Ideas and Thought must be submitted

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI