Semarang, IDN Times-Djarum Foundation melalui kegiatan Djarum trees for life melakukan program penghijauan di kawasan Rawa Pening, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (9/5).

Di kawasan danau yang merupakan satu dari 15 yang masuk prioritas pemulihan kerusakan berdasar Kesepakatan Bali 2009 tentang Pengelolaan Danau Berkelanjutan, penghijauan dilakukan dengan menanam pohon.

1. 2.000 pohon ditanam di area Rawa Pening

Djarum Hijaukan Kawasan Rawa Pening dengan Penanaman 2.000 PohonIDN Times/Sugeng Wahyudi

Di kawasan danau alam seluas 2.670 hektare ini, Djarum Foundation memberikan bantuan berupa 1.000 pohon trembesi dan 1.000 pohon gayam. Rabu pagi, penanaman pohon dilakukan secara bertahap.

Pegiat lingkungan setempat dibantu mahasiswa penerima bea siswa melakukan penanaman di tepian danau. Tahapan penanaman ini diharapkan bisa menghijaukan kawasan yang mengalami kerusakan lingkungan.

Baca juga: Tidak Hanya Sekadar Beasiswa, Djarum Beasiswa Plus Berikan Pelatihan Soft Skill

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Rubhan Ruzziyatno mengungkap, kerusakan dan pencemaran di Rawa Pening memang memerlukan langkah konkret penanganan. "Kerusakan dan pencemaran di Rawa Pening sudah memprihatinkan. Langkah perbaikan lingkungan ini merupakan upaya memperbaiki keadaan," ungkapnya.

2. Melibatkan RAN dalam program peghijauan

Djarum Hijaukan Kawasan Rawa Pening dengan Penanaman 2.000 PohonIDN Times/Sugeng Wahyudi

Dalam kesempatan ini grup band RAN turut dilibatkan sebagai bagian meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pelestarian lingkungan. "Awalnya kita pikir cukup dengan tindakan kecil seperti hemat listrik, tidak buang sampah sembarangan, cukup. Tetapi ternyata tidak," kata salah satu personel RAN, Nino.

"Lingkungan hidup kita perlu lebih dari itu. Kita mau mengajak generasi muda untuk mulai dengan tindakan nyata dengan menanam pohon," imbuhnya.

3. Sudah menanam 10.576 pohon trembesi di wilayah Joglosemar

Djarum Hijaukan Kawasan Rawa Pening dengan Penanaman 2.000 PohonIDN Times/Sugeng Wahyudi

Selain menghijaukan kawasan Rawa Pening, Djarum Foundation ini juga sudah menanam 10.576 pohon trembesi di wilayah Joglosemar (Jogja, Solo dan Semarang). Angka ini melebihi target 10.000 pohon yang dicanangkan. Secara resmi program ini mencapai titiknya di Kecamatan Ambarawa.

Vice President Djarum Foundation FX Supanji menyebutkan penanaman pohon yang masuk dalam program "Djarum Trees for Life-Menanam Trembesi 261 KM Joglosemar" tersebut, memiliki tujuan memperbaiki lingkungan dan kualitas udara.

"Kami memiliki komitmen ikut mengurangi pemanasan global dan menciptakan lingkungan yang bersahabat," ujarnya saat acara seremoni di Lapangan Jenderal Sudirman, Ambarawa.

Dalam kesempatan ini Djarum Foundation juga memberikan bantuan 1.900 bibit pohon kepada 19 kecamatan di wilayah Kabupaten Semarang. Bantuan terdiri 950 bibit trembesi, 475 bibit pohon durian dan 475 bibit pohon alpukat. Juga 190 buah cangkul dan sekop.

Baca juga: Musica Champions Kembali Juarai Djarum Superliga Badminton