Menguntungkan, Ini 5 Tips Investasi Rumah untuk Kaum Millenial!

Harga rumah terus naik, lho!

Menguntungkan, Ini 5 Tips Investasi Rumah untuk Kaum Millenial! content.usaa.com

Line IDN Times

Investasi rumah adalah salah satu pilihan bisnis di bidang properti yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Peluangnya lebih menjanjikan dan aman dibanding emas, saham, atau mata uang asing. Selain dapat menambah penghasilan, investasi juga membawa risiko keuangan jika investasi tersebut gagal.

Kegagalan investasi disebabkan banyak hal, di antaranya faktor keamanan, baik dari bencana alam atau diakibatkan faktor manusia, hingga ketertiban hukum. Oleh karena itu, kamu sebagai kaum millenial harus tahu cara atau tips berinvestasi rumah dari sekarang untuk menimalisir kegagalannya.

1. Tentukan tujuanmu dalam berinvestasi rumah.

home-renovation-1dd620c980f86919b8427d5bbb01df09.jpeghashching.com.au

Apapun kegiatan yang akan kamu lakukan, harus diawali niat yang baik. Kamu harus menentukan tujuan untuk bisa terarah menuju hasil yang diinginkan. Hal tersebut juga bisa sebagai pertimbangan di saat mulai mengembangkan investasi.

Sejauh mana tujuan jangka panjang dalam berbisnis maka menentukan properti mana yang tepat untukmu. ‚Äč 

2. Observasi lokasi dengan baik.

20-dream-home-5d53fc7f3153f8b6b3b22581b31b7e55.jpgmoneyuniversity.ph

Lokasi merupakan poin penting yang harus kamu pertimbangan dengan matang. Kamu wajib mengetahui lokasi tersebut strategis atau tidak. Untuk menemukan lokasi strategis jangan asal melihat iklan, tetapi dibutuhkan observasi. Karena merupakan investasi jangka panjang, di mana keuntungannya akan kamu rasakan di kemudian hari. 

Baca juga: Seperti Apa Rumah Rp 400 Juta-an di Berbagai Kota? Ini Bedanya!

3. Harga terjangkau dengan kualitas terbaik.

foto-rumah-mewah-artis-indonesia-ae996c6ccb0fe28d9ebf6e90f15d79aa.jpgerumah.info

Setelah menemukan lokasi yang pas, kamu bisa melihat harga pasaran properti di kawasan tersebut. Jangan teralu cepat memutuskan membeli rumah tersebut. Sebagai investor sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu, cari harga yang nilainya wajar dengan nilai pasar.

Kamu juga harus memperhatikan tingkat finansialmu, mau membelinya dengan KPR atau tunai. Semua tergantung pilihanmu, KPR bisa menginvestasikan uang secara berangsur tapi ada konsekuensi suku bunga bank. Sedangkan, membayar tunai membutuhkan modal besar di awal transaksi.

4. Perhatikan harga sewa dan biaya perawatan.

home-renovation-888ac16000795bddea21c4307044da95.jpgkaodim.com

Inilah kelebihan investasi rumah dibandingkan tanah. Harga tanah yang selalu naik, maka harga bangunannya pun otomatis ikut naik situasi terkini. Di samping itu, desain dan perawatan yang apik akan semakin menjaga nilai dari investasi tersebut.

Kamu tak pelu mendiamkan rumah layaknya investasi tanah. Kamu bisa mulai mengembalikan modal awal dengan cara mengkontrakkan, sewa kost, atau lainnya. Kamu harus memperhatikan nilai harga sewa di pasaran, dan berapa lama jangka waktu investasi akan balik modal.

5. Cerdik melihat persaingan pasar properti.

property-market-update-1cacdeabff2cfb442d3ceb646c622706.jpgmacquarie.com

Terus update informasi seputar properti akan membuatmu tetap untung dalam berinvestasi. Kamu harus jeli saat melakukan survei apabila rumahmu disewakan. Pastikan bahwa kamu bisa mengidentifikasi tipe penyewa saat mereka mencari properti sesuai dengan yang diminati.

Ditambah permintaan dari pasar yang cukup tinggi, investasi ini memiliki nilai tinggi dengan waktu relatif. Selain itu, pastikan jenis rumah yang kamu tawarkan tidak banyak di pasaran, sehingga kamu lebih unggul dalam menciptakan jumlah permintaan sesuai rumah yang kamu miliki. Dengan mengetahui trik atau tips dalam investasi rumah pada saat ini, tentu kamu para kaum millenial akan merasakan manfaat serta keuntungannya di masa depanmu nanti.

Baca juga: Millennial Sulit Punya Rumah Sendiri? Tidak dengan 5 Cara Ini

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI