Semakin hari, pembayaran online  semakin populer digunakan. Apalagi Indonesia telah berhasil menjadi peringkat tiga besar wisatawan digital dunia.

Managing Director Asia Pacific Travelport, Mark Meehan, menyebutkan wisatawan Indonesia sangat menyukai dan menghargai pengalaman digital yang baik. Maka dari itu, hampir sebagian besar orang Indonesia selalu update  mengenai tren digital yang sedang berkembang.

Meskipun tidak menggunakannya secara langsung, setidaknya hal tersebut akan kamu perlukan untuk memahami perkembangan digital. Salah satunya bitcoin dan paypal yang sangat populer di kalangan millenial. 

Sudah tahu belum apa beda keduanya? Kalau belum, simak ulasan berikut ya.

1. Apa itu paypal?

Biar Gak Kudet, Inilah Beda Bitcoin dan Paypal yang Harus Kamu Tahu!pinterest.es/hdrschool

Paypal merupakan sistem pembayaran online  yang sudah digunakan secara global. Didirikan Peter Thiel dan Max Levchin, paypal mulai aktif digunakan sejak 1999.

Paypal merupakan orang ketiga atau broker yang menangani transaksi secara online. Selama ini, paypal dikenal mempunyai proses yang terbilang cepat dan aman.

2. Lalu, bagaimana dengan bitcoin?

Biar Gak Kudet, Inilah Beda Bitcoin dan Paypal yang Harus Kamu Tahu!bit4coin.ne

Sebenarnya bitcoin juga mempunyai peran yang sama dalam metode pembayaran online. Bedanya bitcoin juga berperan ganda sebagai uang elektronik yang bisa digunakan di situs-situs tertentu.

Seseorang yang lebih dikenal dengan Satoshi Nakamoto (nama samaran) merupakan sosok di balik suksesnya bitcoin. Sejak 2009, dia sukses membuat bitcoin menjadi mata uang tertinggi di dunia. 

3. Perbedaan mendasar antara bitcoin dengan paypal

Biar Gak Kudet, Inilah Beda Bitcoin dan Paypal yang Harus Kamu Tahu!coinexchangers.com

Fungsi utama bitcoin adalah mata uang kripto yang digunakan sebagai alat pembayaran online. Bitcoin mempunyai simbol mata uang sendiri, yakni BTC.

Sebagai uang virtual, bitcoin mempunyai nilai tukar yang cukup mahal. Nilai 1 bitcoin itu bisa mencapai Rp 200 juta. Peredaran bitcoin sangatlah terbatas, hanya ada sekitar 21 juta di seluruh dunia. Dengan adanya pembatasan seperti itu, harga bitcoin akan cenderung terus naik.

Sayangnya, tidak semua negara mengizinkan bitcoin diperdagangkan secara bebas. 

Baca juga: Transaksi Online Bakal Dikenakan Pajak, Sudah Siap?

4. Manfaat utama paypal untuk transaksi online

Biar Gak Kudet, Inilah Beda Bitcoin dan Paypal yang Harus Kamu Tahu!marketwatch.com

Sedangkan paypal lebih berfungsi  sebagai sistem pembayaran online  seperti Webmoney dan Fasapay. Paypal cenderung memberikan fasilitas proses transaksi antar pengguna yang mempunyai dompet online.

Tidak terbatas pada satu mata uang, paypal menerima berbagai jenis mata uang sesuai yang dipilih pengguna. Jika kamu memilih dollar, maka setiap uang yang kamu masukkan ke dalamnya akan dikonversikan secara otomatis.

5. Lebih aman mana antara bitcoin dengan paypal?

Biar Gak Kudet, Inilah Beda Bitcoin dan Paypal yang Harus Kamu Tahu!steemit.com

Meski sangat diunggulkan dalam investasi, bitcoin lebih mengkhawatirkan. Walau pun kamu mendapatkan akses ke dalam server, tapi kamu harus berani menanggung risikonya.

Tentunya lambat laun tidak menutup kemungkinan semakin banyak  hacker  yang mulai melirik keuntungan bitcoin. Sehingga, bisa saja mereka berencana meretas sistem bitcoin.

Sedangkan keamanan e-payment  tergantung pada jenis broker yang kamu gunakan. Secara global, paypal lebih diunggulkan dalam kredibilitas dan keamanannya. Proteksi identitas klien juga sangat terjaga guna kelancaran antar penggunanya.

PayPal adalah sebuah badan usaha, sehingga tak heran jika ia menerapkan banyak strategi. Tujuannya untuk memaksimalkan pemasaran produknya. 

6. Peraturan mengenai bitcoin dan paypal di Indonesia

Biar Gak Kudet, Inilah Beda Bitcoin dan Paypal yang Harus Kamu Tahu!backztagemedia.com

Penggunaan paypal juga bisa disandingkan dengan penggunaan kartu kredit. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan paypal secara bebas dan tak ada larangan dari pemerintah.

Hanya saja, kamu harus membatasi dirimu sendiri agar tidak gelap mata, dan menggunakannya secara berlebihan.  

Lain halnya dengan bitcoin, sudah banyak negara yang melarangnya. Seperti Indonesia, China, dan  Korea.  Bagi pemerintah, bitcoin berisiko untuk terorisme, pencucian uang, prostitusi, dan perdagan obat terlarang.

Meski belum diresmikan, Kepala Pusat Program Transformasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengatakan uang elektronik yang akan keluar dalam waktu dekat akan diatur, salah satunya mengenai bitcoin.

"Saat ini belum ada aturan yang jelas jika masyarakat melakukan transaksi bitcoin," kata Onny.

Nah, itulah informasi yang harus kamu pahami seputar transaksi online  yang tren saat ini. Jadi, kamu pernah menggunakan manfaat dari bitcoin atau paypal? Ceritain di kolom komentar ya.

Baca juga: Pemerintah Larang Bitcoin, Ini Solusi Investasi Uang Virtual Lainnya