Semua orang bisa berbisnis, tapi tidak semua usaha bisa berkembang dan long lasting. Kegagalan tersebut dipengaruhi banyak fakto. Tapi sebelum memikirkan penyebab lain, pastikan dulu mental kamu tidak termasuk enam kategori di bawah ini.

1. Minder atau gak percaya diri

Gak Cocok Berbisnis, 6 Mental Ini Paling Banyak Dipunyai Millennials coriwong.com

Dibutuhkan sikap percaya diri dan yakin agar kamu bisa berjalan cepat. Karena rasa minder hanya akan membuatmu ragu-ragu dalam melangkah. 

Lakukan riset dan perencanaan yang matang. Percayalah kalau produk yang akan kamu luncurkan bisa diterima di masyarakat dan memberikan inspirasi. Ingat, hasil yang kamu dapat juga sangat dipengaruhi mindset kamu.

2. Lambat karena ragu-ragu

Gak Cocok Berbisnis, 6 Mental Ini Paling Banyak Dipunyai Millennials securedgenetworks.com

Founder "Code for Indonesia", Prasetya Andi Wicaksono berbagi tips bisnis saat menjadi pembicara "Creativepreneur 2018" pekan lalu di Surabaya. "Zaman sekarang sudah bukan besar mengalahkan yang kecil, tapi cepat mengalahkan yang lambat," kata dia kepada IDN Times, Minggu, 28 Januari lalu.

Pria yang akrab disapa Praw itu mengatakan, selama sudah ada konsep dasar, kamu harus cepat mencari peluang. Bisa jadi konsep yang kamu buat saat ini sedang dibuat oleh orang lain. Bedanya, mereka keluar lebih cepat daripada kamu. Sehingga "spotlight" justru tertuju ke sana.

Baca juga: Mau Jadi YouTubers Sukses? Coba Tiru 5 Strategi Artis Kece Ini

3. Tidak bersikap empati

Gak Cocok Berbisnis, 6 Mental Ini Paling Banyak Dipunyai Millennials positivepsychologyprogram.com

Kita bisa menemukan peluang di mana pun, kapan pun, dan dengan cara yang tidak terduga. Itulah gunanya empati, untuk melatih kepekaan terhadap lingkungan sekitar. 

"Biasanya orang kreatif itu rasa empatinya tinggi, karena dia menemukan masalah orang lain dan berusaha menciptakan solusi dari problem tersebut," ujar Praw.

Menurut Praw, masalah adalah peluang. Ada banyak masalah di Indonesia, mulai dari kecil sampai besar. "Berarti kamu punya peluang besar juga," katanya.

4. Cari aman dan berada di zona nyaman

Gak Cocok Berbisnis, 6 Mental Ini Paling Banyak Dipunyai Millennials crossfitpeekskill.com

Bedakan mana rasa takut dan mana berhati-hati. Seringkali seseorang terjebak dalam rasa takut dengan kedok berhati-hati dalam mencari strategi. Kalau sudah begitu, kamu bisa stagnan dan tak akan jalan ke mana-mana. 

Jadilah fearless  dan penuh rasa penasaran seperti anak kecil. Mereka akan melakukan sesuatu untuk cari tahu. Ketika gagal pun tak banyak ambil pusing dan belajar dari kesalahan. Inilah salah satu cara menantang diri dan mencari tahu sejauh mana batas yang bisa kita capai.

5. Terlalu banyak menyesal

Gak Cocok Berbisnis, 6 Mental Ini Paling Banyak Dipunyai Millennials charlenethomson.com

Mereka yang gagal bukanlah orang yang melakukan kesalahan, tapi orang yang tidak belajar dari kesalahan. Kalau cenderung terpuruk dalam penyesalan dan takut memulai kembali, dijamin kamu bukan orang yang cocok untuk berbisnis.

Praw berkata, "Semua orang yang memulai sesuatu pasti melakukan kesalahan. Tiap ada salah, bangkit dan perbaiki, salah lagi, perbaiki lagi, begitu seterusnya." Kata dia, sedih boleh, tapi jangan lama-lama, temukan semangat lagi dan rencanakan langkah ke depan.

6. Jadi orang yang gak sabaran

Gak Cocok Berbisnis, 6 Mental Ini Paling Banyak Dipunyai Millennials thedrum.com

Praw mengatakan salah satu sifat buruk yang paling banyak dipunya generasi millennials adalah gak sabaran. Semua menginginkan hasil yang cepat tapi tidak mau melewati proses. Padahal proses inilah yang nantinya memperkuat mental dan memberi banyak pengalaman.

Jadi, nikmatilah tiap fase baik dan buruk yang sedang terjadi. Berjalanlah dengan pikiran positif dan cari dukungan moral dari sekitar. Semangat!

Baca juga: Wow, China Bakal Perpanjang Visa Turis Asing Hingga 10 Tahun Lho!