Ternyata, 7 Tempat Ini Bisa Jadi Inspirasi Berbisnis lho!

Jeli adalah koentji!

Ternyata, 7 Tempat Ini Bisa Jadi Inspirasi Berbisnis lho! instagram/laudyacynthiabella

Line IDN Times

Bagi kamu yang ingin berjuang agar bisa hidup dengan kebebasan finansial dan tak terbelenggu waktu, berbisnis menjadi solusinya. Namun, memiliki usaha sendiri ini tentu tidak mudah, karena kamu harus memiliki ide, kemampuan. Tapi, tak dapat dipungkiri, seringkali kita stuck saat menentukan akan berbisnis apa.

Tenang, jangan sedih, IDN Times punya trik suksesnya lho. Simak yuk!

1. Melalui akun sosial mediamu.

Sosial media saat ini memang telah mengubah hidup kita. Tak hanya bisa mengetahui kabar atau berita terbaru saja, mencari ide bisnis pun bisa dari sosial media lho! Kamu bisa menganalisa apa yang disukai masyarakat zaman sekarang melalui, dan membuat peluang darinya.

2. Tengoklah rumah dan kompleks perumahanmu.

Tak perlu jauh-jauh, saat memiliki waktu senggang, kamu bisa berkeliling kompleks sambil mempelajari kebutuhan apa saja yang belum terpenuhi. Apa saja yang peluang cukup besar. Misalnya, di komplekmu masih jarang terdapat jasa laundry, maka kamu bisa membukanya.

3. Di supermarket, pergi berkeliling.

Kamu hobi ke supermarket? Bisa juga mencari inspirasi bisnis dari sana. Cobalah berkeliling dan melihat aneka produk yang dijual di supermarket tersebut. Siapa tahu, kamu bisa menemukan sebuah ide bisnis. Contohnya membuat kue, atau memperdagangkan aneka produk supermarket lain untuk keperluan sehari-hari.

4. Di kantormu, carilah sebuah masalah yang belum terselesaikan.

Misalnya, kamu sering mendengar kantormu kurang camilan. Maka kamu bisa mencoba menjual camilan ke orang-orang kantor. Lumayan kan, jika di kantor ada lebih dari 50 orang saja, dan 10 diantaranya membeli cemilanmu. Maka uang makan siang sudah terbayarkan.

5. Review dari haters di media online.

Jangan meremehkan dan membenci review haters. Justru, review mereka bisa membangun bisnis lebih kuat dan berjaya lagi. Kamu bisa menganalisa haters dari berbagai macam bisnis, dan petiklah pelajaran berharga. Kemudian, kamu bisa membuka bisnis serupa dengan menambah nilai lebih. Misalnya seperti menyediakan pilihan level kepedasan, yang tidak ditawarkan tetangga sebelah.

6. Melalui obrolan bersama dengan teman atau kerabat.

Networking juga wajib dijaga dengan baik, karena kamu bisa mengetahui kabar apa yang sekarang beredar. Siapa tahu kamu dapat ide cemerlang dari sana.

7. Di sepanjang jalan, setiap kali kamu melangkah.

Kamu bisa mendapatkan ide di mana saja, mungkin saat kamu sedang berkunjung ke museum. Oleh karena itu, saat berjalan, jangan hanya melihat ke depan saja, tengok juga samping kanan dan kirimu. Mungkin dari situ, kamu bisa mendapatkan aneka ide brilian yang bisa segera dieksekusi.

Gak sulit, kan? Selamat mencoba ya, jangan patah arang!

Baca juga: Mau Uang Ekstra? 15 Ide Bisnis Ini Layak Kamu Coba

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI